Selasa, 08 Januari 2013

10 Mobil Klasik Termahal di Tahun 2012


imgDetroit - Mobil klasik nan antik memang sebuah investasi. Bila harga mobil baru tiap tahun mengalami penurunan, tidak begitu halnya dengan mobil klasik yang tiap tahun harganya malah meningkat. Dan inilah 10 mobil klasik termahal yang dilelang tahun 2012 ini.

Popularitas mobil klasik sebagai sarana investasi alternatif dalam beberapa tahun belakangan memang terus meningkat seperti halnya investasi di properti. Tren peningkatan harga mobil klasik terjadi dengan konsisten dan kuat dalam dekade terakhir ini dihampir semua segmen.

Tiga mobil klasik termahal yang dilelang tahun ini berhasil mencapai angka di atas US$ 10 juta, sebuah fakta yang cukup menggiurkan. Dan bila di total, 10 mobil klasik yang tahun ini dilelang dengan angka tertinggi totalnya bisa mencapai angka US$ 85.918.970 atau sekitar Rp 830,4 miliar.

Angka pelelangan tiap mobil itu pun terhitung jauh lebih tinggi dari harga mobil baru paling mahal sekali pun.

Namun yang patut dicatat, daftar 10 mobil termahal yang kami tampilkan disini hanyalah mobil-mobil yang dilelang. Bukan mobil yang berpindah tangan tanpa masuk balai lelang.

Sebab, tahun ini rekor mobil termahal di dunia kembali pecah. Kini, predikat mobil termahal di dunia berpindah tangan ke Ferrari 250 GTO tahun 1962 yang dibuat khusus untuk pembalap Sir Stirling Moss. Mobil ini laku hingga angka US$ 35 juta atau sekitar Rp 331 miliar. Wow!

Mobil lansiran tahun 1962 berbalut warna hijau tersebut memang menjadi salah satu mobil incaran. Selain karena statusnya sebagai mobil yang khusus dibuat untuk pembalap legendaris, selama masa produksi di 1962-1964 Ferrari tercatat hanya membuat 39 unit Ferrari 250 GTO.

Mobil super mahal ini diketahui dijual beberapa waktu oleh pebisnis kelahiran Belanda, Eric Heerema dan dibeli oleh seorang kolektor Amerika Serikat bernama Craig McCaw meski kedua orang itu enggan mengomentari berita tersebut.

Ferrari bernomor sasis 3505 ini sendiri dibeli Heerema dekade yang lalu dari kolektor Jepang, Yoshiho Matsuda dengan harga hanya US$ 8,5 juta. Sementara Matsuda membeli mobil ini hanya seharga US$ 3,5 juta saja.

Sebelum Ferrari 250 GTO bekas punya Stirling Moss ini memecahkan rekor, predikat mobil termahal di dunia dipegang oleh Type 57SC Bugatti Atlantic lansiran 1936 yang dibeli oleh seorang kolektor asal California di 2010. Dia tidak mengungkapkan berapa uang yang dia keluarkan untuk mobil ini tapi diperkirakan antara US$ 30-34 juta.

Ada pula mobil Aston Martin termahal yang laku US$ 32 juta. Mobil ini adalah salah satu mobil Aston Martin paling ikonik di dunia. Menyandang nama DBR1/2, mobil ini pernah memenangkan kejuaraan Le Mans di tahun 1959 ketika dikendarai oleh pembalap legendaris Sir Stirling Moss.

Aston Martin DBR1/2 pun menjadi mobil Inggris termahal di dunia jauh mengalahkan Bentley 1929 tapi sedikit dibawah mobil termahal di dunia yang disandang Ferari 250 GTO.

Mobil berkelir hijau ini dibuat pada tahun 1957 dan masih dalam kondisi prima meski sudah berumur lebih dari setengah abad. Selain Le Mans, mobil ini juga memenangkan kejuaraan Trophy Tourist RAC di Goodwood pada tahun 1958 dan 1959. Dan hingga kini, mobil tersebut masih bisa berlari.

Sejarawan Aston Martin Brian Joscelyne yang menyaksikan balapan yang dimenangi mobil ini mengatakan kalau mobil ini berarti banyak baginya.

Lalu apa saja mobil klasik yang angka lelangnya tertinggi tahun lalu?





Source : http://oto.detik.com/read/2013/01/08/104413/2135896/1207/10-mobil-klasik-termahal-di-2012

1 komentar:

  1. nice info, beli avanza aja masih mikir-mikir. apalagi beli mobil mahal begini.. kekkeke

    http://www.freebacklink.us/

    BalasHapus

Jangan lakukan spam pada komentar dan bila anda ingin beriklan gratis atau hanya sekedar membuat backlink anda bisa melakukannya di beriklanbersama.blogspot.com dan hanya dengan sekali pasang maka akan terpasang di 10 website.