Kamis, 06 Desember 2012

Lenovo IdeaPad Yoga 13 Inch – Windows 8 Laptop Sekaligus Tablet

Lenovo IdeaPad Yoga adalah varian laptop Windows 8 yang cukup unik. Diperkenalkan sejak Januari lalu saat event CES (Consumer Electronic Show), Lenovo Ideapad Yoga ini menarik perhatian karena kemampuan layarnya yang bisa ditekuk 360 derajat ke belakang.
Konsep ini cukup unik mengingat dengan kemampuannya ini, Lenovo IdeaPad Yoga ini dapat berfungsi menjadi laptop jika digunakan secara normal dan tablet jika layarnya dibalik.
Lenovo Ideapad Yoga ini dilengkapi dengan prosesor i5 dengan clock 1.7 GHz, RAM sebesar 4 GB, 128 GB SSD drive. Semua ini terdapat pada laptop dengan berat hanya 1.3 kg saja.


Hardware dan Design

Lenovo IdeaPad Yoga ini memiliki sentuhan warna metalik dengan bagian ujung-ujungnya yang berbentuk agak membundar. Eksteriornya memang terlihat simpel dan tidak banyak dekorasi, namun bentuknya yang sederhana ini memiliki pesona sendiri.


Bagian dalam dan interior dari layar dan keyboardnya semuanya berwarna hitam. Hal ini cukup kontras dengan tampilan terbaru dari Windows 8 yang cerah berwarna. Ini adalah perpaduan yang pas mengingat tampilan keyboard Lenovo ini tidak akan mengganggu pandangan mata dari layar laptop.
Bagian sandaran tangan Lenovo IdeaPad Yoga ini terbuat dari bahan kulit sehingga membuat tangan kita terasa nyaman saat mengetik dan menggunakan touchpad di dalamnya.
Layarnya yang dapat diputar hampir 360 derajat minus jarak antara dasar layar dan keyboardnya membuat penggunaan Lenovo IdeaPad Yoga ini lebih variatif. Contohnya adalah kemampuan untuk membuat IdeaPad ini berdiri tegak untuk menonton film, menonton film disini akan terasa lebih nyaman karena tidak adanya jarak antara keyboard dengan layar seperti yang biasa kita temui di laptop.
Jika kita tekuk sepenuhnya maka Lenovo IdeaPad Yoga ini akan terasa seperti tablet yang berukuran besar, ada beberapa orang yang merasa kurang nyaman untuk memegang ideapad ini dengan cara ini karena tangan akan memegang tuts keyboard yang terekspos di bagian belakang. Namun secara fitur tuts keyboard yang tertekan itu tidak akan mengganggu sistem yang mendeteksi mode ini secara otomatis.

Layar dan Speaker Lenovo Ideapad Yoga

Perangkat ini memiliki layar sebesar 13.3 inch dengan resolusi 1600 x 900 pixels termasuk yang sangat tinggi resolusinya dibandingkan dengan ultrabook yang lain. Tentu saja warna yang dihasilkan oleh IdeaPad ini juga brilliant, dari segi kecerahan dan ketajamannya.
Tentu saja karena Lenovo IdeaPad Yoga ini juga bisa berfungsi sebagai layar sentuh, maka layarnya ini dibekali dengan kemampuan touch screen.
Speaker Lenovo IdeaPad Yoga ini terletak di bagian bawah dan memiliki suara yang cukup jernih, walau tidak bisa dibandingkan dengan speaker eksternal. Tidak adanya bas dan kejernihan suara trebel sangat mengurangi pengalaman mendengarkan musik.

Performa dan Software

Dibekali dengan performa yang tinggi dari Intel i Series prosesor, Laptop Lenovo IdeaPad Yoga ini tidak mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti membuka browser banyak sekaligus, menjalankan aplikasi di komputer, photoshop.
Laptop ini juga dapat memainkan game terbaru seperti Call of Duty: Modern Warfare 3, dengan kualitas sedang, namun memang laptop jenis ultrabook secara keseluruhan memang tidak didesain untuk memainkan game yang membutuhkan grafis yang tinggi.

Baterai dan Kebisingan

Lenovo IdeaPad Yoga ini secara umum dapat digunakan tanpa sumber listrik sekitar 5 jam lamanya. Kipas dari laptop ini sangat hening dan hanya memutar secara keras ketika digunakan untuk aplikasi yang berat seperti photoshop atau bermain game dengan grafis 3D.

Kesimpulan

Laptop ini sangat nyaman untuk digunakan bekerja dan juga entertainment karena selain performanya yang bagus laptop ini juga cukup unik dengan kemampuannya memutar 360 derajat ini.
Tampilan layar yang bagus, keyboard yang nyaman untuk diketik, perputaran layar yang diimplementasikan secara bagus membuat Lenovo Ideapad Yoga ini menjadi salah satu ultrabook yang layak untuk dibeli dengan harga kisaran diatas 10 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lakukan spam pada komentar dan bila anda ingin beriklan gratis atau hanya sekedar membuat backlink anda bisa melakukannya di beriklanbersama.blogspot.com dan hanya dengan sekali pasang maka akan terpasang di 10 website.