Kamis, 06 Desember 2012

Review Google Nexus 4: Flagship Android Terbaru dari LG

Google Nexus 4 adalah smartphone flagship terbaru Android yang diluncurkan oleh Google. Setelah versi sebelum ini yaitu Samsung Galaxy Nexus, kali ini Google menggandeng pembuat ponsel asal Korea juga yaitu LG.


Dalam kolaborasi antara Google dan LG kali ini, banyak sekali improvement atau peningkatan kualitas yang dilakukan oleh Google dibandingkan dengan Galaxy Nexus. Namun ada beberapa juga hal yang menjadi kekurangan dari Google Nexus 4 ini dibandingkan dengan smartphone terkini yang diluncurkan oleh para kompetitor dari Google. Simak lebih lanjut ulasan lengkapnya.

Hardware dan Desain Google Nexus 4

Google Nexus 4 ini memiliki desain hardware yang merupakan kelanjutan dari Google Galaxy Nexus. Desainnya memiliki beberapa sentuhan yang berbeda seperti detail print di bagian belakangnya.

Hal yang cukup istimewa dari Google Nexus 4 ini adalah bahan pembuatnya hampir sebagian besar terbuat dari kaca. Namun kaca yang digunakan disini adalah Corning Gorilla Glass yang terkenal sebagai bahan anti gores yang tangguh. Bagian belakang yang ditutup oleh bahan kaca ini menambah kesan futuristik pada perangkat Google Nexus 4. Ada cetakan hologram yang kadang terlihat kadang tidak pada bagian belakang perangkat ini.
Namun disarankan anda tetap berhati-hati dalam menggunakan smartphone ini karena walau terbuat dari bahan kaca yang kuat, tapi ada percobaan yang menunjukkan bahwa ketika Google Nexus 4 ini dijatuhkan dari ketinggian meja ke lantai akan terdapat retakan kaca yang terlihat jelas. Ini adalah hal yang cukup mengecewakan karena anda harus membayar harga yang mahal untuk smartphone ini, sedangkan anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya.
Dalam hal tombol fisik, penempatan tombol power dan sleepnya berada di pojok kanan atas dari perangkat ini, sedangkan tombol volumenya berada di sisi kiri dari smartphone ini.
Secara keseluruhan smartphone ini terlihat cukup bagus namun tidak banyak desain baru dan berani yang tersirat dari smartphone ini. Bentuknya lebih menyerupai Google Nexus yang lama dan beberapa peningkatan dan penyempurnaan saja. Desain yang baru dan berani contohnya adalah Nokia Lumia 920 dan HTC One X, setiap lekukannya terlihat gagah.

Spesifikasi, Kamera dan Layar

Di dalam Google Nexus 4 ini terdapat perangkat elektronik yang sangat canggih seperti, prosesor Qualcomm SnapDragon S4 Pro 1.5 GHz yang diklaim Google sebagai smartphone tercepat saat ini.

Selain itu Google Nexus 4 ini juga dilengkapi dengan memori sebesar 2 GB dan media penyimpanan dengan pilihan 8 GB atau 16 GB tanpa dilengkapi oleh slot SD card untuk penambahan media penyimpanan.
Kamera belakangnya memiliki kapasitas hingga 8 Megapixels dan sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 1.3 Megapixel untuk digunakan sebagai video call.
Kameranya memiliki hasil jepretan yang lumayan untuk ukuran smartphone, walau tidak bisa dibandingkan dengan kamera yang revolusioner seperti yang dimiliki Nokia Lumia 920.
Penyempurnaan dari kameranya ini bukan hanya di hardware namun dibagian software juga.

Performa dan Baterai

Hal  yang cukup disayangkan adalah absennya fitur LTE di dalam Google Nexus 4 ini, untung saja di Indonesia jaringan operator kita belum ada yang memiliki kemampuan LTE.
Seandainya pilihan LTE sudah tersedia maka cukup mengejutkan apabila LTE tidak disupport karena pengetesan menggunakan HSDPA kecepatan download mencapai 5 Mbps, namun disisi lain jika menggunakan LTE kemampuan download dapat mencapai 25 Mbps dengan mudah (hal ini adalah hasil test di negara-negara yang sudah menggelar LTE).
Untuk layar sentuhnya, prosesor dan RAM yang tinggi disertai oleh sistem operasi Android Jelly Bean yang terbaru membuat smartphone ini memiliki respon sentuhan yang sangat bagus.
Performa baterai juga sangat tangguh, dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 2100 mAh, Google Nexus ini dapat bertahan hingga sehari lebih walau digunakan secara terus menerus. Tidak seperti pendahulunnya yaitu Galaxy Nexus yang hanya dapat bertahan sekitar 6 jam penggunaan.

Kesimpulan

Google Nexus 4 yang dilengkapi dengan sistem operasi Android Jelly Bean yang terbaru adalah salah satu ponsel yang harus diperhatikan. Dapat dikatakan bahwa Android Jelly Bean ini adalah sistem operasi Android terbaik untuk smartphone hingga saat ini.
Responsiveness dan sensitivitas sentuhan adalah hal yang merupakan permasalahan masa lalu Android, sangat jauh jika dibandingkan dengan Jelly Bean saat ini.
Salah satu kekurangannya yang layak untuk disinggung adalah absennya LTE yang menjadi masalah di negara maju namun bukan berarti masalah yang serius di Indonesia.
Anda bisa mendapatkan pengalaman orisinal menggunakan Android Jelly Bean yang canggih pada smartphone ini. Dengan harga sekitar 300 USD di Amerika serikat atau sekitar Rp 3 jutaan, anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Bandingkan juga dengan smartphone sekelas Nokia Lumia 920 dan HTC One X.








Source :  http://gadgetpintar.com/review-google-nexus-4-flagship-android-terbaru-dari-lg/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lakukan spam pada komentar dan bila anda ingin beriklan gratis atau hanya sekedar membuat backlink anda bisa melakukannya di beriklanbersama.blogspot.com dan hanya dengan sekali pasang maka akan terpasang di 10 website.